Minggu, 13 Januari 2013

Penyebab Gagal Membuat Brownis



Kadang setelah dibuat Brownis kita kurang sempurna hasilnya. Kekurangan ini bukan karena resepnya, tetapi beberapa langkah keliru membuat brownis yang merupakan kesalahan membuat brownis yang dilakukan baik sengaja atau tidak sengaja dilakuakan.

Penyebab Kegagalan Membuat Brownis, antara lain sebagai berikut.

 Mengembang ditengah oven tapi cekung setelah kue dingin.
Penyebabnya, telur terlalu lama dikocok atau terlalu tinggi kecepatannya. Sebaiknya kocok telur dengan kecepatan sedang dan hanya sekitar dua menit saja. Penyebab lain disebabkan kue belum matang sempurna.

Kue terlalu cembung.
Kue yang terlalu cembung atau terlihat terlalu naik dibagian tengah disebabkan pemakaian baking powder yang kebanyakan.

Brownis tidak renyah.
Brownis yang tidak renyah disebabkan pengovenan yang kurang lama. Kemungkinannya belum matang atau api terlalu panas.

Kulit bagian atas brownis tidak berpola seperti sawah petak.
Penyebab utama, cmpuran margarin dan cooking chocolate cair ke dalam telur dilakukan ketika masih panas. Kalau dilakuakan brownis tetap enak hasilnya,hanya teksturnya jadi lebih mirip cake cokelat ketimbang brownis. Dinginkan dulu margarin dan cooking chocolate yang baru ditim atau dicairkan sebelum dimasukandalam kocokan telur.

Brownis terlalu renyah/keras.
Brownis yang terlalau keras atau kering disebabkan oleh pengovenan yang terlalu lama. Kita sering tersipu saat pengecekan untuk mengetes kematangan bagian dalam brownis.  Lidi yang digunakan selalu basah.
Hati-hati brownis yang sedang dioven memang akan basah dibagian dalam karena mengguankan cooking chocolate yang selalu mencair di suhu panas.
Perhatikan lidi baik-baik, kalua terlalu lengket ada kemungkinan brownis memang belum matang.



Semoga membantu dan terimakasih telah berkunjung.
 


Brownis


Sumber info:
Srwijaya Post. Jumat, 2 April 2010

Sumber gambar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgp7u3PUSdbeeJASoJ6uRe8eYsHrG1HumhbEkz6tRyLkAlBM_8kObojLwLGwvdJfgELhJoDatOxaVSKubC9PXzzNAyfmnWrIh1LDhLljdgCDSNguChDIIKOcvEipfyqu1lqDWcr6Ry2L38p/s1600/resep+brownies+kukus.jpg




0 komentar:

Posting Komentar